Kenapa harus defrag?


“Kenapa harus defrag?”

Itulah pertanyaan yang hampir setiap orang tanyakan ketika baru pertama kali mendengar kata defrag. Tetapi, bagi orang yang sudah lama dengan istilah-istilah komputer, tentunya tidak merasa asing dengan istilah yang satu ini. Defrag atau defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

<Dengan kata lain defrag (defragmentasi) adalah suatu proses yang dilakukan oleh komputer untuk menyusun dan merapikan data pada harddisk, sehingga mempercepat pemrosesan data dan meng-optimasi kecepatan kerja komputer.

Analoginya adalah :

Ibarat di perpustakaan (Harddisk), pasti ada banyak buku-buku di dalamnya (data-data). Ketika anda masuk dan membaca buku disana, kadangkala buku yang kita ambil itu terbalik, tempat untuk mengembalikan buku tertukar, halamannya semrawut, bukunya berantakan, ada juga buku yang sobek. Hehehehe…

Nah, jadi kita harus merapikan (Defrag) buku-buku tersebut agar lebih mudah dalam mencari buku-buku yang ingin dibaca.

Ada banyak software yang bisa digunaakan untuk melakukan defragmentasi, mulai dari software bawaan OS itu sendiri, hingga software komersial yang beredar luas di pasaran, di antaranya adalah Diskeeper dan PerfectDisk, sementara kalau software gratisannya yang cukup populer adalah Auslogics Disk Defrag dan IObit SmartDefrag.

Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan defrag adalah pastikan pada saat proses berjalan jangan sampai terhenti oleh faktor apapun ( misal listrik mati, restart, dll ). Karena jika proses defrag yang belum selesai tiba-tiba terhenti, bisa jadi hardisk anda bakal bad sector dan berakibat kerusakan.

 

Sumber :http://ghadinkz23.blogspot.com

About these ads

4 thoughts on “Kenapa harus defrag?

    • Betul kang,,
      jadi dilihat dari pemakaian juga, kalo komputernya sering di install dan uninstall program, defrag sekali-kali juga perlu.
      tapi jangan keseringan, karna hard disk bisa cepet rusak..

    • Saat harus mendefrag, harddisk komputer harus bekerja keras merapihkan semua data yang kusut dan tak teratur. Seperti halnya otak kita, jika terlalu keras untuk bekerja maka otak kita akan merasa cepat lelah, dan melemah. Sama halnya dengan harddisk, begitu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s