Uang Baru


Siapa di dunia ini yang tidah butuh uang?? Cung!!
Hmm, jawabannya pasti no one, karena di dunia ini semua orang butuh uang untuk bertahan hidup. yuph, zaman sekarang ini segala sesuatu di bayar dengan uang, bahkan ke toilet pun harus bayar, ckckckck.
Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, setelah itu tidak lama lagi kita akan merayakan Idul Fitri, ngomong-ngomong tentang Idul Fitri, pasti tidak aneh lagi dong dengan istilah THR (Tunjangan Hari Raya) atau “angpau”, sebuah tradisi untuk membagi-bagikan uang kepada anak-anak kecil di hari raya, tradisi yang dari tahun ke tahun ternyata tidak pernah hilang. Uang “angpau” ataupun THR yang diberikan pada saat hari raya, biasanya merupakan uang baru yang masih mulus and kinclong – maklum, abis dituker dulu uangnya ke bank sebelum lebaran๐Ÿ˜€ -.
Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) merilis uang pecahan Rp 1.000 logam baru. Uang baru yang sekilas mirip pecahan Rp 100 itu dibuat dengan desain bernuansa sunda yakni angklung dengan latar belakang Gedung Sate.
Menurut Pjs Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan pemilihan motif angklung dengan latar belakang Gedung Sate dalam uang logam Rp 1.000 baru merupakan wujud pelestarian kebudayaan.
(wah, makin berat kantong deh, ga kebayang kalo jajan di warung trus uang kembaliannya seribuan semua,, @.@ kerincing… kerincing…)
Selain pergantian uang 1.000 baru, BI juga menerbitkan uang kertas dan logam baru Rp 10.000. Perbedaan hanya terjadi pada sedikit desain dan pewarnaan pada uang kertas nya, warna yang sebelumnya ungu kemerahan diganti dengan ungu kebiruan, pergantian tersebut dilakukan karena sering tertukarnya uang bernominal 10.000 rupiah dengan 100.000 rupiah.
uang baru
Wah, berarti lebaran nanti, siap-siap dengan uang angpau yang masih baru-baru. ย :D

Selamat berburu uang baru๐Ÿ™‚

7 thoughts on “Uang Baru

  1. kembali ke jaman 90an dimana uang 1000 berbentuk logam..
    dulu kelapa sawit sekarang angklung dengan latar gedung sate..

    uang 10000 ga jauh beda..hanya ditambah tanda lingkaran kecil di atas tulisan BANK INDONESIA di bagian depan uang dan bercak emas di pembatas uang,,

    • sudah nyaman dengan uang 1000 kertas,
      rencananya BI akan segera menarik uang kertas 1000 rupiah yang masih beredar di pasaran, jadi kalo uang kertas 1000 sudah masuk k BI, otomatis uang tersebut tidak akan dikeluarkan lagi..
      heu.. jadi ga bisa seenaknya bawa dompet tipis.๐Ÿ˜ฆ

    • Hmm, gtw juga nu,,
      yang jelas alasan dipake lagi uang logam karena uang logam dinilai jauh lebih awet d banding uang kertas..
      jadi berasa film harpot, belanja apa pun dibayarnya pake galleon (receh). haha..๐Ÿ˜€

      • itu kan jaman2nya krisis moneter..
        ada indikasi bahwa alasan pemerintah mengganti uang kertas menjadi uang logam karena nilai rupiah sudah menurun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s