Menulislah, maka ingatanmu akan terjaga


“Cobalah untuk belajar sebanyak mungkin, membaca sesering mungkin, dan menulis sesering mungkin, maka ingatanmu akan terjaga”.

Mungkin kalimat di atas terkesan menyulitkan, tetapi hal itulah yang terjadi pada kenyataanya. Semakin kita mengetahui banyak hal, maka akan semaki banyak pula memori sementara yang akan cepat terlupa, sehingga tak jarang, ketika kita mencoba untuk mengingat-ingat suatu kejadian, kita tidak pernah mengingat kejadian tersebut secara sempurna, hanya berisi bagian-bagian yang terpotong, hingga pada akhirnya kita menggunakan asumsi dari diri kita sendiri untuk menyempurnakan momen yang terlihat tidak sempurna itu. Hal itu, masih bisa diterima, lalu bagaimana bila kita benar-benar lupa akan suatu kejadian yang cukup penting dari hidup kita? Itu baru masalah besar.

Sebagian orang, memang menganggap lupa pada kejadian tertentu memang hal yang lumrah-lumrah saja, toh sudah begitu takdirnya, jika ada memori yang masuk, maka akan ada memori yang keluar. Tapi, tidak ada salahnya bila kita sendiri berusaha untuk menjaga atau menahan selama mungkin ingatan-ingatan tersebut agar tetap ada, salah satu caranya adalah dengan menulis.

Melalui media tulisan, kita mampu untuk menguraikan kejadian penting yang kita alami dengan bahasa yang deskriptif dan tidak jauh dari kenyataan, sehingga, ketika kita lupa akan kejadian tersebut, tulisan yang pernah kita buat itu akan mengingatkan kita akan kejadian-kejadian yang pernah kita alami sebelumnya, ada tawa, ada tangis, kecewa, sedih, terharu, serta perasaan –perasaan lainnya. Tak jarang, jika kita kembali membaca catatan-catatan kita tentang masa lalu, timbul pertanyaan dalam diri kita “koq bisa ya aku dulu seperti itu?”, mungkin kita merasa bodoh dan tidak masuk akal, tapi dari situlah kita dapat belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya😀 .

“Selamat Menulis”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s