Social Networking Yahoo Koprol vs Foursquare


Social Networking atau jejaring sosial sudah menjadi hal yang lumrah, terutama untuk kalangan generasi muda. “Gak punya social networking berarti gak gaul” begitulah cap yang diberikan oleh kebanyakan orang terhadap orang-orang yang tidak memiliki jejaring social semacam facebook dan friendster tersebut. Di dua tahun terkahir ini, apabila disebutkan tentang social networking, maka yang pertama kali diingat adalah facebook. Yuph, benar sekali social networking buatan Mark Zuckerberg ini telah mampu menarik perhatian banyak orang, padahal social networking yang ada di dunia maya ini tidah kanya facebook, masih banyak juga yang lainnya, seperti twitter, koprol, friendster, myspace, hi5, millat facebook, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Pengertian Jejaring Sosial (social Networking)
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Yahoo Koprol vs Foursquare

Dua jenis jejaring sosial yang sedang marak digunakan akhir-akhir ini adalah yahoo koprol dan foursquare. Dua jenis jejaring sosial ini sama-sama mengunggulkan fitur share lokasi, artinya dengan fitur tersebut, orang lain dapat mengetahui di mana keberadaan kita saat ini.

Yahoo Koprol

Situs jejaring sosial yang satu ini merupakan situs jejaring sosial buatan anak Indonesia, yaitu Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager yang kemudian bekerja sama dengan yahoo. Yahoo koprol adalah salah satu situs microblogging. Fasilitas yang terdapat di yahoo koprol merupakan gabungan dari Twitter, Plurk, dan Brightkite.

Yahoo Koprol merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada di tempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama. Anda bisa saja melakukan kopi darat dengan orang yang Anda kenal kan😀 .

Fasilitas check-in yang terdapat di yahoo koprol memang terbatas, tidak seperti di foursquare, jika di foursquare kita dapat melakukan add location sesuka hati, tapi tidak begitu halnya dengan yahoo koprol. Di yahoo koprol yang dapat menambahkan add locaton hanyalah orang-orang tertentu saja, yaitu mereka yang menajdi kurator, untuk menjadi kurator Anda harus melakukan kontribusi terhadap situs jejaring sosial ini.

Cara menggunakan koprol

  1. Check in

    Melalui fasilitas check in yang tersedia di sini, kita dapat menambahkan lokasi di mana kita berada setelah melakukan pncarian pada kotak search

  2. Update status

    Setelah Anda melakukan check-in, Anda akan mendapatkan kotak isian yang meminta Anda menginputkan update status sesuai dengan yang Anda inginkan.

  3. Unread

    Kotak Unread menunjukkan komentar ataupun mention yang belum dibaca oleh kita

  4. Commented

    Merupakan kumpulan status-status kita terdahulu yang dikomentari oleh orang lain

  5. Mentioned

    Seperti halnya twitter, dengan fasilitas mentioned, kita dapat melihat pesan yang diberikan oleh orang lain kepada kita.

Foursquare

Sama halnya seperti koprol foursquare adalah situs jejaring social berbasis lokasi. Jika Anda akan melakukan check-in, Anda hanya dapat melakukan update lokasi melalui ponsel Anda atau situs http://m.foursqure.com . Dengan foursquare, Anda bisa melakukan update lokasi di mana pun Anda berada, jika lokais tempat di mana Anda berada tidak terdapat di daftar list yang terdapat di foursquare, Anda dapat menambahkannya sendiri, tanpa syarat apa pun.
Ok – sekarang kita bisa fokus ke fasilitas yang ditawarkan (semua ini hanya bisa di akses dari versi mobile http://m.foursquare.com) :

  • Find your friends (1) untuk kita bisa mengetahui lokasi teman-teman.
  • Check in (2) adalah tempat yang kita kunjungi. Bisa restauran, rumah, cafe, uni, bioskop, atau apapun.
  • Shout (3) adalah fasilitas untuk menambahkan pesan singkat. Jika kalian telah mengaktifkan fasilitas twitter dan facebook connect maka pesan ini akan langsung tampil mengupdate facebook dan twitter status kalian.
  • Badge (4) menunjukkan prestasi apa yang telah kita capai. Badge ini hanya akan terbuka jika kita telah menyelesaikan atau mencapai satu level tertentu.
  • Leaderboard (5). Di sini kita bisa melihat siapa yang paling aktif dan kita bisa sedikit berlomba vs teman atau pengguna lainnya. Semua nilai yang ada direset satu minggu sekali (hari minggu). Jadi selalu ada kesempatan untuk jadi yang paling aktif di minggu tersebut.
  • Change location (7) jika kalian berpindah dari satu kota ke kota lainnya.

Silahkan pilih, yahoo koprol atau foursquare, atau bahkan keduanya😀 . Selamat mencoba….

2 thoughts on “Social Networking Yahoo Koprol vs Foursquare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s