Fenomena Tahun Baru dan Perayaannya


Sabtu, 1 Januari 2010

Hari ini adalah hari dimana seluruh umat manusia di dunia, khususnya bagi mereka yang menggunakan kalender masehi dalam penanggalannya karena hari ini seluruh umat manusia di dunia mengawali hari di tahun yang baru, serta menutup lembaran kisah di tahun sebelumnya.

Sekilas tampak tidak ada yang special, semua seperti terlihat biasa saja, tampak seperti pergantian hari yang selalu dialami oleh setiap orang di setiap harinya. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk mereka yang benar-benar mengartikan pergantian malam tahun baru sebagai malam yang special. Bagi sebagian besar orang tahun baru adalah malam pergantian yang sangat berarti, sebuah simbolisasi terhadap hidup yang baru, kemerdekaan yang baru diraih, bahkan ada beberapa orang yang bahkan memaknainya seperti mereka terlahir kembali “reborn”. Awal yang baru, untuk sebuah harapan yang baru.

Tak heran, banyak seluruh umat manusia di dunia yang merayakan tahun baru sebagai perayaan besar-besaran. Merogoh kocek ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli kembang api dan hang out keluar bersama dengan orang-orang terdekat untuk keluarga tercinta untuk turut merasakan euphoria penyambutan tahun baru. Suatu hal yang terasa tidak perlu untuk terlalu di agung-agungkan karena yang terpenting dari tahun baru bukanlah bagaimana kita merayakannya, tapi bagaimana kita menyadari makna dari tahun baru dan mengintrospeksi diri, apa yang perlu di perbaiki dari tahun sebelumnya, dan apa yang harus dapat dipertahankan atau ditingkatkan dari tahun sebelumnya.

Semuanya itu kembali ke masing-masing individu, bagaimana dengan Anda?

3 thoughts on “Fenomena Tahun Baru dan Perayaannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s