Trip Bandung – Madura Part 2 (Edisi Semarang 2)


Jangan terburu-buru untuk mengagumi dan berdecak kagum atas keindahan negeri orang sebelum berwisata penuh mengelilingi negeri sendiri. Boleh saja kita bangga dengan bangunan-bangunan megah yang berdiri di lahan negeri orang, tapi jangn lupa Indonesia masih memeiliki berjuta-juta keindaha alam dan budaya yang tak dimiliki negara lain.

Menceritakan keanekaragaman wisata di Idonesia, mungkin tak ada habis-habisnya. Kali ini saya akan melanjutkan cerita saya yang sebelumnya yang tercantum di sini.

Selesai mengunjungi Lawang Sewu, kami semua beranjak menuju tempat wisata lainnya di Semarang. Kali ini kami mengunjungi sebuah tempat yang memiliki perpaduan wisata antara wisata alam dan cagar budaya di Kota Semarang, tempat tersebut adalah “Candi Gedong Songo”. Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, lokasinya yang sejuk membuat kita betah berlama-lama untuk tinggal dan piknik bersama keluarga di tempat ini. Di tempat ini terdapat jasa sewa tikar, untuk memfasilitasi Anda yang ingin berpiknik bersama keluarga, selain itu, di lokasi wisata ini terdapat bernaeka macam pedagang penjaja makanan ringan maupun makanan berat, sehingga Anda tak perlu khawatir untuk merasa kelaparan setelah berkeliling di lokasi wisata yang sangat luas ini. Panorama yang indah berupa undakan-undakan bukit, lembah-lembah kecil, hamparan desa yang terlihat dari atas bukit serta keindahan candi-candi peninggalan budaya akan mampu mengobati kepenatan terhadap ramainya kota tempat kita biasa melakukan aktivitas.

Tiket Masuk: Dewasa/5 tahun ke atas: Rp 5.000/orang dan Rp 25.000/orang untuk Wisatawan Asing.Banyak alternatif untuk dapat mengelilingi keseluruhan tempat ini, salah satunya dengan menunggangi kuda. Tarif yang digunakan untuk menunggangi kuda bermacam-macam, tergantung jarak tempuh yang diinginkan.

Tarif Jasa Naik Kuda Candi Gedong Songo
– Wisata Desa Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000)
– Ke Air Panas Rp 40.000 (Wisman Rp 60.000)
– Ke Candi II Rp 30.000 (Wisman Rp 40.000)
– Paket candi Songo Rp 50.000 (Wisman Rp 70.000)

Museum Kereta Api Ambarawa


Selesai dari Candi Gedongsongo, perjalanan berlanjut menuju Museum Kereta Api Ambarawa. Sesampainya di museum tersebut ternyata museum sedang mengalami perbaikan dan dalam kondisi ditutup. Petugasnya berkata bahwa kemungkinan museumnya akan kembali di buka kira-kira setelah sebulan lagi (langsung lemes ngedengernya😥 ). Beruntung akhirnya petugas museum yang baik hati mengizinkan kami memasuki museum begitu mengetahui bahwa kami semua sengaja datang dari Kota Bandung (horee… Makasih bapak baik hati 0:) )

Walaupun sedikit menyayangkan karena kereta wisata yang biasanya dapat digunakan untuk berkeliling di nonaktifkan tetapi hal itu tidak mengurangi kekaguman kami pada museum kereta api tersebut.

Di sana terdapat banyak sekali benda sejarah yang berkaitan dengan perkereta apian indonesia, dimulai dari loket tempat pembelian tiket kereta api, kursi dan meja kantor yang terdahulu. Museum ini juga mengoleksi 21 lokomotif uap. Saat ini terdapat 4 lokomotif yang dapat dioperasikan. Koleksi lainnya adalah telepon antik, peralatan telegram morse, bel antik dan beberapa perabotan antik.

Selamat berkunjung dan salam traveller

2 thoughts on “Trip Bandung – Madura Part 2 (Edisi Semarang 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s