Proyek 21 Hari Bersama Laskar Plankton


 

Tidak pernah terbayangkan bisa berada di sana, di Kampus II Badan Diklat Provinsi Jawa Barat, yang berlokasi di daerah Cipageran Kota Cimahi. Menjadi salah satu dari 40 anggota laskar yang terpilih untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan atau yang lebih dikenal dengan istilah prajabatan. Setelah sekitar 1,5 bulan setelah penerimaan SK CPNS, kami dikumpulkan kembali untuk mengikuti misi selanjutnya, setelah sebelumnya menjalankan tugas dinas di tempat kerjanya masing-masing. Perasaan penuh tanya, khawatir, cemas, malas, tak bisa terhindarkan pada saat menerima surat tugas untuk di karantina selama 21 hari di Badan Diklat Provinsi. 21 hari tanpa tivi, 21 hari pengabdian pada negeri, demi memperbaiki kuliatas diri.

Berbekal surat tugas yang diberikan, kami pun mulai mempersiapkan beberapa perlengkapan yang perlu di bawa. Hingga saatnya pun tiba, 10 April 2014, kami semua sudah harus berada di sana. Bumi Cipageran yang asri, menjadi satu-satunya pelipur hati, di saat kami semua belum saling mengenal antara yang satu dan yang lainnya. Misi hari pertama pun dimulai, dengan menggunakan pakaian putih hitam, lengkap dengan atribut serta dasi kupu-kupu untuk wanita dan dasi panjang untuk pria, kami melakukan gladi resik untuk acara pembukaan pendidikan dan pelatihan esok hari. Suasana canggung pun masih terasa, karena kami semua belum saling mengenal antara satu dan yang lainnya, hanya beberapa orang saja yang sudah tampak mulai akrab dengan yang lainnya. Kami pun berlatih dari mulai sore hari hingga malam hari, hingga sang instruktur pun merasa bahwa kami siap untuk melakukan upacara pembukaan di esok hari. Dan misi hari pertama pun selesai.

Misi hari ke-2 dimulai, kembali dengan setelan pakaian lengkap, pukul 05.00 WIB kami semua sudah harus bersiap untuk sarapan pagi karena kami semua harus segera meluncur pergi ke daerah Windu, yaitu Gedung Utama Badan Diklat Provinsi Jawa Barat untuk mengahadiri acara pembukaan pendidikan dan pelatihan. Setelah pulang dari acara pembukaan , misi yang sebenarnya baru dimulai, misinya adalah kami semua harus mengikuti semua materi pelajaran yang telah dijadwalkan oleh panitia dan penyelenggara pendidikan dan pelatihan, dan materi pelajaran pertama yang kami peroleh adalah “DINAMIKA KELOMPOK”. Berkat seorang widyaiswara yang sudah sepuh tetapi berjiwa muda, kami semua diperkenalkan dan dipersatukan, kami semua dibaurkan dalam kenyamanan saling mengenal antara satu dan yang lainnya. Hingga terbentuklah sampai saat ini, ikatan hati dalam satu idealisme yang sama untuk membangun negeri “LASKAR PLANKTON“. Bumi Cipageran menjadi saksi hadirnya kami, muda-mudi yang siap berkreasi untuk negeri.


Misi pun terus berlanjut, tugas tambahan dari para instruktur tak pernah bisa terelakkan, mulai dari bangun pagi, lari pagi, senam pagi, apel pagi, menghafal janji peserta diklat, menghafal ikrar pamong, tugas baca, apel malam, jurit malam, outbond, shalat berjamaah, tugas tambahan menjadi danton atau pimpinan apel semua harus kami lakukan demi terwujudnya cita-cita kami yaitu SK 100%😀. Semangat kami tak pernah padam, walaupun di setiap pagi sebelum berkegiatan kami semua harus selalu berbaris ketika akan berpindah ruangan. Tak jarang satu dan yang lainnya pun saling meneriaki, ketika langkah kaki mulai tak sama ataupun ada yang datang terlambat. Akan tetapi hal tersebut tak membuat kami saling memaki, atau bahkan saling membenci, yang ada kami saling mengitrospeksi diri, dan selalu berusaha untuk saling memperbaiki dan melengkapi *eaaaaa…

Misi demi misi pun kami lakukan dengan baik dan kami pun sudah mulai merasa nyaman untuk saling berbagi dan saling mengerti. Namun, hari demi hari yang kami lalui, semakin hari semakin tak akan lama lagi. Mejelang ujian komprehensif, kami pun mulai menyadari waktu kami miliki tak akan lama lagi, kami pun mulai mempersiapkan diri untuk acara akhir tersebut dengan mempersiapkan sebuah acara pesta perpisahan, pesta perpisahan yang akan kami kenang hingga masa mendatang. Tak terasa, proyek 21 hari pun telah tiba pada masanya, setelah semalam bercanda gurau bersama, bernyayi bersama-sama, dan makan-makan bersama, kami semua pun harus kembali pergi berkelana. Diakhiri dengan acara penutupan yang dilakukan di Aula Badan Diklat Provinsi, kami pun resmi untuk kembali pergi, mengemban kembali tugas di bumi pertiwi.

21 hari yang tak terasa

21 hari yang penuh warna

21 hari yang tak pernah sia-sia

21 hari yang penuh makna

 

Sedih mulai terasa, tapi tugas Negara lainnya masih menanti di depan mata. LASKAR PLANKTON, terima kasih untuk 21 hari yang berharganya, untuk semua semangat juangnya, untuk semua cita-citanya. Selamat jalan Laskar Plankton, semoga kita dipertemukan kembali dalam kesempatan lainnya. Menjadi laskar yang lebih berani, lebih berdedikasi dan lebih berinovasi. Salam kompak selalu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s