Karena pada hakikatnya, hidup itu adalah belajar


Empat tahun sudah berlalu, semenjak lulus dari bangku perkuliahan. Banyak hal yang sudah berubah, termasuk dunia pemrograman. Mengajar di sebuah sekolah SMA memang tidak membutuhkan banyak kemampuan untuk mengkoding program, maklumlah materi yang ada di kurikulum KTSP memang hanya berkisar mengenai materi peggunaan perangkat “office” dan “grafis”. Sehingga tak heran banyak guru TIK yang tidak memiliki background lulusan ilmu komputer ataupun teknik informatika bisa mengajar pelajaran tersebut, karena materi yang diajarkan lebih ke praktis yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Vakum dari dunia pemrograman dalam waktu yang cukup lama, memang cukup untuk membuat saya berlari mengejar ketertinggalan itu. Semenjak saya ditakdirkan untuk mengajar di SMK, maka saya pun kembali ditakdirkan untuk kembali belajar dan menggunakan bahasa pemrograman. Ternyata, cukup untuk menguras hati dan otak ya ;’). Seakan dikejar-kejar oleh ketertinggalan itu sendiri dan kemudian harus mentransferkannya ke orang lain, it’s a wow…. and really.. really wow… Hopeless, no i said.”If there is a will, there is a way”. Bukankah hakikat manusia ketika hidup di dunia adalah untuk belajar? maka keyakinan itulah yang saya gunakan untuk belajar. And i know, mungkin akan banyak murid yang lebih unggul dari saya dalam dunia pemrograman. Lalu kenapa? Am i jelous to them? And of course yes, maka rasa cemburu itulah yang akan memicu saya untuk terus belajar dan belajar, dan saya tetap bangga memiliki murid-murid yang luar biasa lebih hebat dari yang saya duga. Like i found the pearl in the middle of the sea. So excited to know them, semangat UJIKOM yah buat kalian. I know you can do the best although i can’t help you a lot. Keep Fight!!

Leave a Reply

