Perbedaan antara C, C++, dan C#


Bahasa pemrograman C (dibaca: si) merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

Contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa C:

#include <stdio.h>

int main()
{
    printf("Hello, World!\n");
    return 0;
}

C++ (dibaca: si plusplus) adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi
dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan C++ terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa C++:

#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{
    cout << "Hello World" << endl; 
    return 0;
}

C# (dibaca: si sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasis bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti (Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan.

Contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa C#:

using System;
namespace HelloWorldApplication
{
   class HelloWorld
   {
      static void Main(string[] args)
      {
         /* my first program in C# */
         Console.WriteLine("Hello World");
         Console.ReadKey();
      }
   }
}

Untuk lebih memahami mengenai bahasa pemrograman C, C++, C#, ataupun bahasa pemrograman lainnya, Anda bisa mengunjungi situs http://www.tutorialspoint.com/. Di dalam situs tersebut terdapat tutorial berikut compiler yang bisa digunakan secara online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s